Tugas 1 MPPL D

Tugas MPPL D - Analisa Steam






1. Deskripsi

Steam adalah sebuah platform distribusi digital yang dikembangkan oleh Valve Corporation untuk membeli dan bermain video game. Steam memberikan jasa Digital Rights Management (DRM), server untuk matchmaking, video streaming, dan layanan jejaring sosial. Steam menyediakan pengguna instalasi, pembaharuan game otomatis, dan community feature seperti teman dan grup, penyimpanan awan, in-game voice dan chat.

2. Budget Pengembangan

Karena Steam dibuat untuk kepentingan perusahaan pengembang itu sendiri, yakni Valve Corporation, tidak ada budget yang dirilis oleh Valve, dan pengembangan pembaruan masih berjalan hingga sekarang. Hal ini disebabkan pada tahun 2002, Valve membutuhkan platform yang dapat memperbarui game secara otomatis, menerapkan anti-cheat  dan anti-piracy, yang mana sangat lumrah di zaman 2002, ketika DRM masih belum optimal mengurangi anti-piracy, dan customer support yang sangat minim. Sehingga akhirnya mereka mengumumkan dan merilis versi beta dari Steam, yang mana membuat Valve mendapat kritik pedas dikarenakan sistem yang masih sering bermasalah. Dari Steam, hingga 2017 total game yang dibeli di Steam mencapai USD 4,3 triliun.

3. Lama Pengembangan

Versi beta software ini sekitar tahun 2002, pada awalnya penuh bug dan kerusakan di sana-sini. Tahun 2003, versi beta sudah diubah menjadi versi rilis, dan masih terus dikembangkan hingga sekarang. Pembaruan otomatis dari Valve setiap menjalankan Steam terus ada hingga saat ini.

4. Korporasi dan Tim
Steam dikembangkan oleh Valve Corporation, yang dikepalai oleh Gabe Newell, seorang miliarder dari Microsoft, yang kemudian keluar untuk mengembangkan software sendiri. Jumlah tepat dari pengembang di Valve ada sekitar 360 pada tahun 2016, list beberapa pegawainya dengan nama masing-masing ada di laman ini: https://www.valvesoftware.com/en/people. Dalam sebuah interviewnya, Valve mengatakan bahwa mereka tidak menetapkan jumlah tetap dalam pengembangan gamenya, sehingga para pengembang bisa bebas bekerja di proyek mana pun di Valve. Bisa jadi setiap pembaruan yang ada di Steam jumlah pengembang yang bekerja di sana berbeda.

Sumber:
[Terarsip]
https://web.archive.org/web/20160302232150/http://www.pcmag.com/article2/0,2817,41291,00.asp
https://web.archive.org/web/20161018232817/http://www.pcgamer.com/valve-misses-deadline-to-respond-to-washington-state-gambling-regulator-but-says-its-coming-soon/
https://web.archive.org/web/20170815031613/http://kotaku.com/steam-is-10-today-remember-when-it-sucked-1297594444
https://archive.is/20170815031843/http://www.gameguru.in/pc/2007/24/steam-registers-13-million-active-accounts/
https://web.archive.org/web/20140717003347/http://www.gamespot.com/articles/gdc-2002-valve-unveils-steam/1100-2857298/
https://web.archive.org/web/20020322002944/http://steampowered.com/html/betasignup.html

Komentar

Postingan Populer